Kunjungan Direktur Air Tanah dan Air Baku Kementerian PUPR

Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang menerima kunjungan Direktur Air Tanah dan Air Baku Kementerian PUPR Bpk. Ir. Iriandi Azwartika, SP-1 beserta Kepala Balai BBWS Pemali Juana Bpk. M. Adek Rizaldi Kamis (11/3). Didampingi Direksi Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Kepala Bappeda dan Dinas PU Kabupaten Pemalang, beliau dan jajarannya melakukan kunjungan ke Desa Batursari Kecamatan Pulosari guna memeriksa kesiapan rencana pemasangan jaringan air baku Pulosari bantuan dari APBN untuk Tahun 2022 mendatang.

Adapun maksud pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk wilayah rawan kekeringan di Kecamatan Pulosari yang diusulkan oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang melalui Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang tersebut adalah untuk mendukung program Pemerintah yang dicanangkan oleh Kementerian PUPR yaitu Program 100-0-100 dan guna meningkatkan derajat kualitas kesehatan masyarakat.

Pengembangan SPAM (Sistem Penyediaan Air Minum) Kecamatan Pulosari bantuan APBN yang akan dibangun pada tahun 2022 ini nantinya akan melayani 12 desa di Kecamatan Pulosari yang merupakan kawasan rawan air/rawan kekeringan yaitu :

1. Desa Clekatakan

2. Desa Batursari

3. Desa Penakir

4. Desa Gunungsari

5. Desa Jurangmangu

6. Desa Gambuhan

7. Desa Karangsari

8. Desa Nyalembeng

9. Desa Pulosari

10. Desa Pagenteran

11. Desa Siremeng

12. Desa Cikendung

Dan berdasarkan hasil SID (Survei Investigasi Desain) Balai Besar Wilayah Sungai Pemali Juana akan memanfaatkan sumber air baku dari Mata Air Lambeyan yang berada di Desa Kalipagu Kecamatan Baturaden Kabupaten Banyumas.

Direktur Air Tanah dan Air Baku Kementerian PUPR Bpk. Ir. Iriandi Azwartika, SP-1 dalam kesempatan tersebut menyampaikan di hadapan Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang, Kepala Bappeda dan Camat Pulosari serta perwakilan Kades yang hadir bahwa pada prinsipnya Kementerian PUPR akan memenuhi permintaan masyarakat Pulosari dan akan segera membangun jaringan air bersih sesuai dengan permintaan Direktur Utama Perumda Air Minum Tirta Mulia Bpk. Slamet Efendi, S.E., M.M. yaitu untuk memenuhi kebutuhan air bersih di dua Kecamatan yang rawan air/rawan kekeringan yaitu Kecamatan Pulosari dan Kecamatan Belik, dengan satu ketentuan yaitu perijinan dari Kementerian LHK sudah turun, pernyataan tersebut di saksikan langsung oleh Kepala Balai Besar Wilayah Pemali Juana Bpk. M. Adek Rizaldi.

Sebelum mengakhiri kunjungan di Desa Batursari Kecamatan Pulosari Bpk. Ir. Iriandi Azwartika, SP-1 dan jajarannya juga berkesempatan meninjau bangunan ABSAH Aquifer buatan untuk tampungan air hujan.

Tulis Komentar      

Nama
Email (tidak di publish)
Komentar
 
Kode Unik
 

Berita Terkait

1 2 3 Next

Belum Ada Komentar Tentang Berita Ini

• Pengumuman
• Testimoni
• Links