Penyesuaian Tarif Air Minum Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang

Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang melakukan penyesuaian tarif air minum, yang akan diberlakukan mulai rekening air bulan Juni 2023 yang dibayarkan pada bulan Juli 2023.

Setelah melakukan sosialisasi tatap muka ke perwakilan pelanggan, tokoh masyarakat dan jajaran forkopimcam wilayah Petarukan dan Ampelgading di Balai Desa Kendalsari, Selasa (16/5/2023), perwakilan pelanggan, tokoh masyarakat dan jajaran forkopimcam wilayah Taman di Balai kecamatan Taman, Rabu (17/5/2023). Maka pada Kamis (18/5/2023) Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang melakukan sosialisasi tatap muka mengenai penyesuaian tarif air minum ke perwakilan pelanggan, tokoh masyarakat dan jajaran forkopimcam dari kecamatan Moga, Randudongkal, Pulosari dan Warungpring. Dan terakhir pada hari Jum’at (19/5/2023) di Pendopo Kecamatan Pemalang yang diikuti perwakilan pelanggan, tokoh masyarakat dan jajaran forkopimcam dari kecamatan Pemalang dan kecamatan Bantarbolang.

Penyesuaian tarif air minum Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang telah sesuai dengan regulasi yaitu Permendagri Nomor 21 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan dan Penetapan Tarif Air Minum, Peraturan Bupati Pemalang Nomor 14 Tahun 2023 tentang Perhitungan, Mekanisme dan Prosedur Penetapan Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang serta Keputusan Bupati Pemalang Nomor 539/181/Tahun 2023 tentang Tarif Air Minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.

Sesuai regulasi, besarnya tagihan untuk memenuhi kebutuhan dasar (10 m3 per bulan) dibandingkan dengan besaran UMK tidak boleh melewati 4% dari pendapatan (UMK), sehingga penyesuaian tarif air minum Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang hanya berkisar 2,3%. Porsentase itu setara kurang lebih Rp. 700 per meter kubiknya. Hasil dari formulasi penyesuaian tarif ini juga sudah melalui pertimbangan bersama Dewan Pengawas Perumda air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.

Peningkatan pelayanan dan juga pembenahan infrastruktur, serta kenaikan PAD menjadi tuntutan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang ke depan setelah adanya penyesuaian tarif, yang harus dipenuhi. Melalui penyesuaian tarif baru ini juga diharapkan kesadaran masyarakat lebih bijak dalam menggunakan air. Semoga masyarakat bisa mengerti dan menerimanya, utamanya pelanggan Perumda Air Minum Tirta Mulia Kabupaten Pemalang.

   

  

Tulis Komentar      

Nama
Email (tidak di publish)
Komentar
 
Kode Unik
 

Berita Terkait

1 2 3 4 5 10 Next

Belum Ada Komentar Tentang Berita Ini

• Pengumuman
• Testimoni
• Links